Cara Sederhana Membedakan Phyrit Dan Emas Di Batuan


Banyak orang sering bertanya " Bagaimana membedakan phyrit dan emas, serta apa mineral phyrit itu ???. Emas memang selalu dikait erat kan dengan mineral pembawa phyrit, karena phyrit merupakan mineral pembawa dari emas.  Banyak sekali orang tertipu hanya gara - gara phyrit yang memang tampak seperti emas pada batuan. Orang berfikir bahwa phyrit merupakan logam emas di batuan. Dari segi warna memang phyrit tampak sama seperti emas, namun sebetulnya terdapat perbedaan antara phyrit dan logam emas.

Emas memang logam mulia yang sangat berharga, banyak sekali orang yang tergiur akan logam mulia ini karena nilai ekonomisnya. Logam emas dapat kita temukan secara alami dalam beberapa mineral batuan dan ditemukan dalam jumlah yang cukup besar pada inti bumi. Dan sekarang ini banyak sekali bermunculan pertambangan emas di Indonesia serta banyak orang berbondong - bondong untuk menambang batuan emas.


Orang Sering Bertanya Apakah Phyrit Itu ???


Mineral phyrit ada yang menyebut dengan kata " Emas Bodoh " karena sifat warnanya yang menyerupai logam emas. Dalam unsur kimia phyrit dilambangkan dengan FeS2 atau sulfida besi. Mineral ini merupakan salah satu jenis mineral sulfida yang sangat umum di temukan di alam, dan sebagai produk sampingan dari deposito hidrotermal atau sebagai mineral aksesori yang ada di beberapa batuan. Disemua jenis batu pun terkadang terdapat kandungan mineral phyrit, yang tampak gemerlap bila terkena cahaya, meskipun warnanya tidak kuning, dan hanya menyerupai kristal keperakan.

Phyrit biasanya ditemukan berasosiasi dengan sulfida lainya atau oksida dalam urat kuarsa, batuan sedimen, serta di batuan metamorf, atau juga di tempat sekitar area batubara. Kegunaan mineral phyrit yang paling umum dalam dunia industri sering digunakan sebagai bahan pembuatan asam sulfat atau dalam seperti industri kertas,


Spesifikasi Umum Mineral Phyrit

Formula Kimia : Fe2S yang mengandung sulfur antara 53, 4% dan  memiliki kandungan besi sekitar 46,6 % besi, serta terkadang mengandung nikel, kobalt dan tembaga dalam jumlah yang sangat kecil.

Warna : Kekuning - kuningan dengan pancaran sangat terang atau terkadang pucat kekuningan, Phyrit pada permukaan sering terlihat warna terang mengkilap seperti emas, namun di bagian dalam terlihat warna kehitaman.

Bentuk : Kubik, Prisma, Segilima.


Bagaimana Cara Membedakan Phyrit Dan Emas ???

Ada beberapa cara yang sangat sederhana untuk membedakan antara logam emas dan phyrit pada batuan diantaranya :

Cara  membedakan emas dengan phyrit pada batuan bisa kita lihat dari bentuknya, phyrit apabila dilihat akan tampak berbentuk seperti kubik, prisma atau persegilima, dan yang paling sering dijumpai dengan mata telanjang atau dengan kaca pembesar phyrit membentuk kubik untuk phyrit gajah ( disebut phyrit gajah karena ukurannya yang cukup besar dan jelas terlihat dengan mata telanjang ) Sedangkan untuk logam emas pada batuan, bentuknya tidak beraturan.

Mineral Phyrit apabila di pukul dengan palu akan mudah hancur, karena phyrit sangat korosif dan mudah lapuk. Sedangkan emas apabila di pukul dengan palu tidak mudah hancur, namun hanya pipih karena sifat dari emas yang tidak mudah korosif atau  lapuk.

Phyrit yang menempel pada batuan apabila di gosok pada batu asahan atau batu yang halus akan membekas warna hitam atau ke abu -abuan, namun untuk logam emas apabila di gosok pada batu akan membekas warna kekuningan

Apabila phyrit pada batuan digosok atau di palu, akan tercium seperti aroma kandungan sulfur belerang yang menyengat, namun untuk logam emas tidak berbau.

Phyrit apabila di bakar atau di lebur, juga akan meleleh seperti logam emas, namun lelehan cairan mineral phyrit akan tampak seperti lilin yang meleleh dan tidak nampak mengkilap dan saat proses peleburan mengeluarkan aroma belerang yang menyengat.

Untuk logam emas apabila di lebur, lelehan cairan logam akan nampak mengkilap jernih dan terang, dan tidak menimbulkan aroma bau belerang.

Apabila logam phyrit setelah proses peleburan, dan kita ambil akan nampak hitam, serta apabila kita pukul dengan palu atau kita remas menggunakan tangan logam ini akan dengan mudah hancur seperti arang, Namun untuk logam emas apabila kita ambil setelah proses peleburan akan berbentuk logam kekuningan, dan saat kita pukul tidak akan hancur, namun hanya pipih.


Apakah Mineral Phyrit Mengandung Logam Emas ???

Pertanyaan ini sering kali kita dengar " mineral phyrit mengandung emas atau tidak. Secara geokimia, emas merupakan unsur siderophile (suka akan besi), dan sedikit chalcophile (suka akan belerang). Karena sifatnya ini maka emas banyak berikatan dengan mineral-mineral besi atau stabil pada penyangga besi (magnetit/hematit). Di alam sumber emas terbesar adalah pada inti bumi, karena kandungan inti bumi adalah ~100% besi, dengan sedikit unsur-unsur ringan, seperti belerang, silikon dan oksigen.

Emas memang ada juga yang terdapat di kandungan phyrit, namun sangat kecil dan minim sekali kandungan emas yang ada di phyrit, hanya seperti emas plating dan tidak menyeluruh menyelimuti permukaan phyrit. Kandungan emas pada phyrit biasanya terdapat pada phyrit yang bewarna kuning kemerahan atau biasa disebut juga dengan phyrit api.

Apabila anda menyukai artikel kami dan ingin berbagi, anda bisa share dan menautkan link artikel ini Cara Sederhana Membedakan Phyrit Dan Emas Di Batuan