Panduan Cara Pengolahan Batuan Emas

Banyak orang yang belum mengetahui cara pengolahan batuan emas atau masih mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dalam sistem pengolahan emas yang telah dikerjakan. Di sini kami ingin membantu bagaimana cara mengolah batuan emas agar memperoleh hasil yang maksimal.

Kami menyediakan buku panduan gratis cara pengolahan batuan emas secara sederhana . Anda bisa Belajar Cara mengolah emas mulai tahap awal hingga menjadi logam jadi. Bagi orang yang awam atau belum bisa mengolah batuan atau tanah yang mengandung emas juga bisa mempelajari cara pengolahannya, karena panduan pengolahan emas yang kami berikan dan kami tulis sangat sederhana serta terdapat foto dalam setiap penjelasannya, sehingga orang awam pun akan mudah untuk mempelajarinya. Ebook atau Panduan Gratis Cara Pengolahan Batuan Emas membahas tentang cara pengolahan batuan emas atau material yang mempunyai kandungan logam emas.

Hingga saat ini logam emas merupakan logam mulia yang berharga tinggi, dan mungkin banyak orang yang belum mengetahui asal mula logam emas. Proses terjadinya asal usul emas di bumi karena suatu proses magmatisme dari perut bumi yang terjadi selama ratusan tahun, beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal. Di Indonesia secara geologi memiliki banyak sekali lahan tanah yang berpotensi memilliki kandungan logam emas, karena banyak sekali wilayah di negara ini yang memiliki gunung purba serta mempunyai potensi adanya kandungan logam mulia.

Pengolahan batuan emas dalam skala kecil dan mudah dijangkau serta tidak membutuhkan ruang atau tempat yang besar adalah dengan menggunakan teknik pengolahan batuan emas dengan mesin tromol ( gelondong ) . Pengolahan tambang emas rakyat biasa menggunakan sistem tromol atau gelundung, karena ini merupakan suatu alat atau cara mengolah batuan tambang emas yang paling dasar atau konvensional.

Namun berbagai kekurangan masih banyak terdapat dalam sistem perolehan logam emas tersebut. Karena perolehan logam yang rendah ini disebabkan karena berbagai pengotor pada batuan yang diproses, karena sebagian besar dari kandungan emas masih terbungkus atau berasosiasi dengan logam lain atau pun mineral sulfida , sehingga tak mampu untuk teramalgamasi tanpa adanya bantuan proses kimiawi. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi perolehan emas dalam sistem pengolahan batuan emas adalah:
1. Mineral-mineral pembawa emas
2. Ukuran butiran mineral emas
3. Mineral-mineral induk
4. Asosiasi mineral pembawa emas dengan mineral induk


Pengetahuan tentang mineralogy emas sangat diperlukan dalam memahami teknologi pengolahan emas. Keberhasilan atau kegagalan penerapan suatu teknologi pengolahan dapat dimengerti atau dijelaskan oleh kondisi mineralogy dari batuan emas atau bijih emas tersebut. Mineralogy dari batuan (bijih) emas yang dimiliki harus diketahui sebelum menentukan teknologi pengolahan yang akan diterapkan. Pada dasarnya proses pengolahan emas bertujuan untuk memisahkan mineral yang bernilai ekonomis dari batuan atau mineral yang tidak memiliki nilai jual. 

Proses amalgam atau pengolahan batuan emas dengan menggunakan mesin tromol merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh masyarakat,  karena sangat sederhana serta tidak menggunakan teknologi tinggi dan dari segi biaya pembuatan mesin tromol atau gelodong relatif terjangkau, dan biaya operasional nya sangat kecil bagi sebagian besar masyarakat lokal.

Bagi anda yang ingin mempelajari atau ingin memaksimalkan hasil pengolahan emas menggunakan sistem amalgamasi atau sistem tromol, anda bisa download buku cara pengolahan batuan emas secara sederhana di link bawah ini. eBook atau buku Teknik Pengolahan Emas Dengan Mesin Tromol dan Kimia ini disertai dengan foto foto yang detail ,sehingga memudahkan anda untuk mempelajari dan mempraktekannya secara langsung tanpa membuat bingung anda.


Link download