Video Cara Penyulingan Air Raksa Atau Retort Merkuri

Dalam tahap proses penyulingan air raksa atau merkuri peralatan yang diperlukan adalah alat penyulingan merkuri atau air raksa. Untuk alat penyulingan kita dapat membuat sendiri dengan cara yang sederhana dari bahan pipa stainles still seperti pada artikel kami sebelumnya yaitu Cara Sederhana Membuat Alat Penyulingan Merkuri Atau Air Raksa.

Proses penyulingan air raksa atau merkuri ini bertujuan untuk memisahkan antara logam kandungan emas dengan kandungan merkuri yang masih mengikat dari proses pengolahan jenis batuan emas dengan mesin tromol atau gelondong. Mungkin sebagian penambang emas di indonesia belum mengetahui cara kerja dari proses penyulingan air raksa ini.

Berikut ini  cara kerja dari proses penyulingan air raksa atau retort merkuri dan video proses penyulingan air raksa.


Sebelum melakukan tahap proses penyulingan, siapkan dahulu peralatan retort merkuri, baskom atau panci untuk tempat merkuri ( panci usahakan terbuat dari bahan logam, karena kalau sewaktu terkena api tidak mudah leleh ) Dan yang paling penting juga peralatan pembakar yang digunakan untuk melebur logam emas.

Masukan dahulu air ke dalam panci, dengan ketinggian air kira – kira sampai menutupi lubang keluar dari pipa stainless bagian bawah, sehingga uap merkuri tidak akan keluar dari bagian ini. 













Masukkan hasil logam dari perasan tromol ( logam emas yang telah terikat dengan merkuri dari proses gelondong ) ke dalam pipa stainless melalui bagian lubang atas. Kemudian tutup rapat bagian lubang bagian atas, usahakan lubang penutup tertutup rapat dengan sempurna. Kemudian tempatkan pipa retort merkuri ini dalam posisi miring, yang fungsinya nanti agar kandungan merkuri akan turun ke dalam panci.













Kemudian secara perlahan bakar dengan menggunakan burner pembakaran pada bagian sudut siku lekukan, di mana pada sudut siku tersebut terdapat bulatan logam hasil dari pengolahan batuan emas dengan mesin tromol. Untuk proses pembakaran bisa dilakukan selama sekitar 10 menit atau 15 menit, sampai air raksa turun ke bawah panci yang telah di isi air.













Setelah selesai pembakaran, kemudian dingin kan dahulu pipa stainless still tersebut, atau bisa juga di masukkan ke dalam air setengah dari pipa yang panas tadi agar cepat dingin, dan buka penutup tersebut, lalu tinggal anda ambil hasil dari penyulingan air raksa tersebut. Dan kemudian hasil dari proses penyulingan ini siap untuk dilebur untuk dijadikan sebuah logam. Untuk Merkuri yang telah di suling bisa digunakan kembali dalam proses pengolahan batuan emas selanjutnya, sehingga para penambang dapat menghemat air raksa.


Video Cara Proses Penyulingan Air Raksa Atau Merkuri.





Apabila anda menyukai artikel ini dan ingin berbagi, anda bisa share dan menautkan link artikel ini Video Cara Penyulingan Air Raksa Atau Retort Merkuri